Patung Tiga Mojang Harapan Indah Bekasi Telah Dibongkar


Setelah melalui proses perjuangan yang panjang, kini umat Islam  bernafas lega.

patung yang tinggi menjulang di depan Area perumahan Harapan Indah Bekasi pagi ini telah dibongkar, dan disaksikan oleh beberapa warga.

Perintah pembongkaran dikeluarkan hari Jum’at (18/6/2010) melalui Surat Perintah nomor 800/1379-P2B/VI/2010.

Perintah pembongkaran Patung Tiga Mojang itu didasari oleh penolakan masyarakat yang memuncak pada demo ribuan umat se-Bekasi, Jum’at (14/5/2010). Usai demo di kantor Walikota Bekasi, ribuan massa tersebut berkumpul di Tugu Tiga Mojang. Di area Tugu Tiga Mojang ini, para pendemo melakukan shalat ashar, lalu sebagian massa mendaki patung dan menutupi wajah tiga mojang dengan kain putih.  Mereka melakukan protes terhadap patung tiga mojang, karena dinilai bertentangan dengan budaya Bekasi yang patriotik dan relijius.

________________

Dini hari mulai pukul 03.30 WIB, akhirnya patung ‘tiga mojang’ setinggi 19 meter yang terbuat dari perunggu di Kota Harapan Indah, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, berhasil dirobohkan pukul 07.40 WIB.

“Allahu Akbar!” begitu teriakan yang terdengar dari massa ketika patung tiga perempuan berpakaian seksi itu mulai terlihat bergerak, setelah seluruh permukaan bagian bawah patung yang menempat pada temboknya selesai di lepas dengan alat las khusus.

“Akhirnya patung thogut itu dilengserkan juga. Ini jadi pelajaran bagi pengembang supaya tidak seenaknya membuat patung yang menyinggung perasaan umat Islam, apalagi tidak ada izin,” ujar massa dari forum antipemurtadan Kota Bekasi, Ahmad, di lokasi Sabtu.

Proses pemindahan patung buatan Nyoman Nuarta seharga Rp2,5 miliar itu dari lokasi semula cukup merepotkan.

Butuh beberapa truk trailer untuk melakukan evakuasi dan proses pemindahan selesai menjelang pukul 10.00 WIB.

Kabag operasi Polres Metro Kota Bekasi Kompol Museni mengatakan, patung selanjutnya akan dibawa ke kantor Polsek Medan Satria untuk diamankan sementara waktu. “Kita amankan dulu, dan setelah itu patung akan dipotong agar bisa dibawa oleh pengembang,” ujarnya.

Seorang wanita yang merasa tidak nyaman dengan patung tersebut, sambil marah meludahi muka patung disaksikan warga lain.

Di depan patung ada sebuah prasasti yang menyebutkan patung tiga mojang merupakan refleksi dari keindahan budaya Jawa Barat yang digambarkan dengan pakaian seronok dan tertulis nama Nyoman Nuarta sebagai pembuatnya.

Keberadaan patung yang tidak berizin tersebut, menuai protes dari kalangan umat Islam. Ribuan orang berdemonstrasi meminta patung yang dinilai simbol Trinitas itu agar dirobohkan.

Sebelumya, Mochtar Mohamad telah mengirim surat imbauan kepada pihak pengembang melalui surat nomor 300/1118-set/V/2010 tertanggal 17 Mei 2010 untuk membongkar sendiri bangunan patung, namun sampai sebulan setelah batas itu patung tak kunjung dibongkar.

Sekretaris MUI Kota Bekasi KH Iskandar Gozali menyatakan rasa syukurnya patung yang bermakna kemusyrikan itu berhasil dibongkar.

“Patung itu sudah seharusnya dibongkar karena melukai perasaan umat Islam serta mencitrakan ajaran agama tertentu. Kalau mau seni silahkan, tapi jangan dengan maksud tertentu,” ujarnya menegaskan.

Ini adalah sebagian dari perjuangan Umat islam yang masih panjang, semoga kami dapat tetap istiqomah.  (NM)

This entry was posted in berita lokal. Bookmark the permalink.

2 Responses to Patung Tiga Mojang Harapan Indah Bekasi Telah Dibongkar

  1. adrian chuex mutu says:

    kayak kurang urusan aja! urusin donk orang2 yg kayaknya suci tapi tukang korupsi…

  2. anarkindo says:

    Numpang lewat, saya bingung apakah tuhan itu kapitalis ? Ormas selalu menyerang hal-hal yang gak penting seperti ini tapi tutup mata bila tidak ikut hidup dari sistem kapitalistis yang menindas umat sendiri. Kepada ormas, saya bertanya : apakah teriakanmu itu demi umat atau kapitalisme religius ? Saya ingatkan bahwa toghut itu luas bung, bahkan Pancasila saja dapat diklasifikasi sebagai Thogut, kok pada diam wae ? Pengecutkah kalian ormas untuk melawan kopasus ? atau apakah kalian hanya kuli dari intelijen Republik ? Jawablah waha preman berjubah. Allahuakbar !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s